Soto Padang

Posted in resep kira2 with tags on November 13, 2009 by lisa ardana

Udah beberapa kali bikin, tapi baru sekarang di post resepnya hihihihi….Abis keburu ludes dimakan sebelum difoto :”>. Kemaren gara2 persediaan bahan pada nanggung, jadinya malah bikin soto padang deh.Trus karna malas bikin perkedel, jadinya kentang cuma dipotong kecil2 dan digoreng hehehehe…

soto padang

Bahan :
– 1 lb daging has (kalo pake tulang2an juga enak2 aja kok :D)
– sekerat lengkuas atau pake lengkuas bubuk kira2 1 sdt
– daun salam
– daun jeruk
– Serai

Bumbu halus :
– 4 siung bawang putih
– 6 buah bawang merah
– garam
– merica

Bahan pelengkap :
– nasi putih
– soun
– perkedel kentang / kentang goreng
– telur rebus
– daun bawang
– daun seledri
– sambal balado
– krupuk kanji

Cara membuat :
1. Rebus daging bersama lengkuas, daun salam, daun jeruk dan sedikit garam hingga daging lunak.Angkat daging, tiriskan kemudian iris2 tipis lalu goreng.
2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukan ke kuah daging,biarkan dengan api sedang beberapa saat.
3. Di mangkok saji susun : nasi, soun, kentang goreng, irisan daging, telur rebus, bawang prei lalu siram dengan kuah.Lengkapi dengan daun seledri, bawang goreng, sambal balado dan krupuk kanji.Sajikan hangat.

Kepiting Asam Manis

Posted in buku resep lisa, Uncategorized with tags on May 22, 2009 by lisa ardana

Lagi kangen berat sama kepiting asam manis resto Kenari di balikpapan :D…Apa boleh buat, terpaksa bikin sendiri deh hehehehe…Resepnya sih pake kepiting segar, tapi karna gw serem sama capitnya, jadinya gw beli kepiting yang udah di rebus di costco, rasa ga beda kok!😀

Bahan-bahan :kepiting asam manis 012
– 3 ekor kepiting segar
– 1 bh jeruk nipis, ambil airnya
– 100 gr nanas kalengan, potong dadu
– 3 sdm saos tomat
– 2 sdm cabe giling

Bumbu :
– 5 bh bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 1/4 butir bawang bombay, iris2 panjang
– 2 bh tomat, potong2
– 4 butir kemiri
– 1/2 ibu jari jahe
– gula merah secukupnya
– madu secukupnya

Cara memasak :
1. Rebus kepiting hingga matang, angkat, buka cangkang (kalo beli yang udah di rebus, ya ga perlu di rebus lagi hehehe)
2. Haluskan bawang merah, putih, kemiri dan jahe
3. Tumis bawang bombay hingga harum, lalu masukkan bumbu halus, aduk rata, kemudian masukkan nanas kalengan, aduk hingga matang
4. Haluskan tomat, gula merah dan air jeruk nipis, masukkan ke dalam masakan, tambah saos tomat dan madu, aduk sampai mendidih
5. Masukkan kepiting yang sudah direbus, beri garam, tutup, kecilkan api, tunggu sampai bumbu meresap lalu angkat, sajikan.

Ayam Paprika Saos Tomat

Posted in resep kira2, Uncategorized with tags on May 19, 2009 by lisa ardana

Punya persediaan fillet ayam kok ga abis2, ngendon mulu di freezer hehehehehe…Akhirnya coba2 bikin ini deh, yang cepet dan gampang, plus bahannya lagi ada😀

ayam paprika saos tomat

Ingredients:
– 3 pcs fillet ayam
– 1/2 paprika hijau, potong2
– 1/2 paprika kuning, potong2
– 1/2 paprika merah, potong2
– 1/2 bawang bombay, iris panjang2
– 2 batang daun bawang, iris panjang
– 4 buah bawang putih, haluskan
– 6 sdm saos tomat
– 1 sdm kecap manis
– 3 sdm maizena (2 sdm untuk dicampur dengan ayam, 1 sdm u/ campuran saos)

Directions:
1. Potong2 fillet, rendam dengan perasan jeruk nipis, diamkan 15 menit lalu cuci bersih
2. Bumbui dengan bawang putih bubuk, jahe bubuk, dan garam, biarkan 1 jam sampai meresap.
3. Campur ayam dengan maizena
4. Goreng hingga kecoklatan, tiriskan
5. Tumis bawang bombay, paprika dan daun bawang
6. Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, tumis hingga wangi
7. Masukkan saos tomat, aduk, tambahkan kecap dan sedikit air
8. Setelah matang, tuang maizena hingga kuah mengental
9. Tuang kuah ke ayam goreng, sajikan

Klepon

Posted in resep google, Uncategorized with tags , , on March 29, 2009 by lisa ardana

klepon1

I miss Monic…:((…Gara2 ditinggal monic mudik jadinya gw kerajinan di dapur karna ga ada temen chatting😀, minggu lalu bikin ongol2, sekarang bikin klepon…hah..nelpon??Gaaaa…gw ga nelpon..tapi bikin klepon…*hihihihi, garing!!*

Ingredients:
– 300 gr/3 cup tepung ketan
– 100 ml air daun suji atau pewarna pandan (tp tadi gw pake pewarna pandan plus 200 ml air karna adonannnya blom bisa dibulet2in:D)
– 1/2 sdt air kapur sirih
– 1/2 sdt garam
– 1 lt air untuk merebus
– 150 gr gula merah, iris halus
– 250 gr kelapa muda parut, campur dengan 1/4 sdt garam, kukus

klepon2

Directions:
1. Campur tepung, pewarna pandan, air kapur sirih dan garam, aduk sampai bisa dibentuk bulat2
2. Ambil 1 sdt adonan, ratakan di tangan, isi dengan irisan gula merah di tengahnya, kemudian bentuk bulatan
3. Masukkan pada air, rebus sampai mengapung
4. Angkat, tiriskan dan dinginkan.
5. Gulingkan pada kelapa parut kukus, sajikan

Fusilli Tuna Pedas

Posted in resep kira2 with tags on March 23, 2009 by lisa ardana

Lagi kangeeeennn banget sama fusilli tuna pedas nya Pizza Hut…tapi anehnya Pizza Hut di amrik ga jualan menu itu hahahaha….Terpaksa deh bikin ndiri…Kebetulan lagi kelaperan pulang dari mesjid, jadi masak yg cepet2 ajalah…

Bahan :
– 1 buah bawang bombay, cincang
– 3 biji bawang putih, iris tipis
– 3 kaleng tuna in olive oil
– 3 sdm cabe giling
– 1 botol prego pasta sauce
– 2 buah tomat, potong2 dadu (optional)
– keju untuk taburan
– minyak untuk menumis

Fusilli : rebus fusilli sampai al dente selama kurleb 8-10 menit, tuang ke wadah.

fusilli-tuna-pedas

Cara membuat :
1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
2. Masukkan pasta sauce, tambahkan cabe giling
3. Masukkan tuna kaleng (tapi ga sama kalengnya ya, cukup tuna dan oilnya aja hihihihi)
4. Aduk rata, biarkan sampai mendidih
5. Setelah mendidih, angkat, tuang ke fusilli yg sudah matang, aduk2 agar tercampur rata
6. Hidangkan dengan keju tabur dan chopped basil (kalo ada :D)

Ongol – ongol

Posted in resep google, snack, Uncategorized with tags , on March 22, 2009 by lisa ardana

Waktu gw nanya soal ongol2 sama adek ipar gw di Bukittinggi, dia senyum2 geli sambil bilang kalo di Padang namanya bukan ongol2, tapi Kalamai Ge’ge’…hihihihi..nama yg aneh dan lucu…tapi bukan tanpa sebab.Jadi Kalamai artinya ketan, karna ongol2 teksturnya agak2 lengket, jadi mungkin itu sebabnya dibilang kalamai dalam artian disamakan sama ketan.Nah kalo ge’ge’ nya???nah itu karna ongol-ongol kan suka goyang2 tuh, maksudnya ga padet, jadi kalo dibiarin stand alone gitu suka keliatan goyang2 (haduuhh..bahasa gw ancur yak…pokoknya lo pada ngerti deh apa maksud gw hahaha).Nah, kata ge’ge itu refer dari “aktifitas” si ongol2 yg ga bisa diem itu hahahaha…

Hari ini gw nyoba bikin cemilan satu ini, disamping kangen, sekaligus pengen nyoba bikin.Ternyata ga gitu susah dan bahan2nya pun gampang didapat.Resep ini gw dapet dari hasil googling, ketemu yg paling simpel dan hasilnya memuaskan di blog nya Mbak Asri..

ongol2-2

Ingredients:
– 1 bungkus tepung hun kwe ( 120 gr)
– 125 gr gula merah
– 110 gr gula pasir (kira2 setengah cup)
– 1/2 sdt garam
– 800 ml air

Bahan taburan : kelapa parut dan garam dikukus

Directions:
1. Rebus gula merah, gula pasir, garam dan air hingga mendidih, saring, dinginkan
2. Tuangkan ke dalam tepung hun kwe, aduk rata.Masak lagi hingga mendidih dan mengental
3. Tuang ke loyang yg sudah dibasahi air, dinginkan
4. Setelah dingin, potong2 sesuai selera, sajikan bersama kelapa parut kukus

ongol2-1

Balado Kentang Udang

Posted in resep kira2 on March 5, 2009 by lisa ardana

Sore ini karna abis jalan2 plus lunch diluar sama Neng Linda, jadilah suami gw masakin makanan yg cepet bin dia suka hehehehe….*ngambil hati mode on:D*. Waktu liburan ke rumah mertua, gw liat ipar gw bikin ni masakan satu kok gampang bener..cukup bawang merah, cabe merah, plus garam, dah tuh..kalo kata dia bumbu dasar…hehehehe….Karna abis beli kentang segambreng, jadilah iseng2 gw tambahin kentang.

Bahan-bahan :
– 500 gr udang
– 2 buah kentang ukuran sedang
– 2 lbr daun jeruk
– garam secukupnya

Bumbu halus :
– 1 ons cabe merah
– 4 siung bawang putih
– 10 siung bawang merah
– 2 sdt sambel oelek

balado-kentang-udang

Cara memasak :
1. Kupas kentang, goreng, sisihkan
2. Bersihkan udang, buang kepala, sisakan ekor
3. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk dan garam
4. Masukkan udang, masak sampai udang matang
5. Masukkan kentang goreng, aduk2 hingga tercampur rata
6. Angkat dan sajikan