Kepiting Asam Manis

Lagi kangen berat sama kepiting asam manis resto Kenari di balikpapan :D…Apa boleh buat, terpaksa bikin sendiri deh hehehehe…Resepnya sih pake kepiting segar, tapi karna gw serem sama capitnya, jadinya gw beli kepiting yang udah di rebus di costco, rasa ga beda kok!šŸ˜€

Bahan-bahan :kepiting asam manis 012
– 3 ekor kepiting segar
– 1 bh jeruk nipis, ambil airnya
– 100 gr nanas kalengan, potong dadu
– 3 sdm saos tomat
– 2 sdm cabe giling

Bumbu :
– 5 bh bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 1/4 butir bawang bombay, iris2 panjang
– 2 bh tomat, potong2
– 4 butir kemiri
– 1/2 ibu jari jahe
– gula merah secukupnya
– madu secukupnya

Cara memasak :
1. Rebus kepiting hingga matang, angkat, buka cangkang (kalo beli yang udah di rebus, ya ga perlu di rebus lagi hehehe)
2. Haluskan bawang merah, putih, kemiri dan jahe
3. Tumis bawang bombay hingga harum, lalu masukkan bumbu halus, aduk rata, kemudian masukkan nanas kalengan, aduk hingga matang
4. Haluskan tomat, gula merah dan air jeruk nipis, masukkan ke dalam masakan, tambah saos tomat dan madu, aduk sampai mendidih
5. Masukkan kepiting yang sudah direbus, beri garam, tutup, kecilkan api, tunggu sampai bumbu meresap lalu angkat, sajikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: