Ongol – ongol

Waktu gw nanya soal ongol2 sama adek ipar gw di Bukittinggi, dia senyum2 geli sambil bilang kalo di Padang namanya bukan ongol2, tapi Kalamai Ge’ge’…hihihihi..nama yg aneh dan lucu…tapi bukan tanpa sebab.Jadi Kalamai artinya ketan, karna ongol2 teksturnya agak2 lengket, jadi mungkin itu sebabnya dibilang kalamai dalam artian disamakan sama ketan.Nah kalo ge’ge’ nya???nah itu karna ongol-ongol kan suka goyang2 tuh, maksudnya ga padet, jadi kalo dibiarin stand alone gitu suka keliatan goyang2 (haduuhh..bahasa gw ancur yak…pokoknya lo pada ngerti deh apa maksud gw hahaha).Nah, kata ge’ge itu refer dari “aktifitas” si ongol2 yg ga bisa diem itu hahahaha…

Hari ini gw nyoba bikin cemilan satu ini, disamping kangen, sekaligus pengen nyoba bikin.Ternyata ga gitu susah dan bahan2nya pun gampang didapat.Resep ini gw dapet dari hasil googling, ketemu yg paling simpel dan hasilnya memuaskan di blog nya Mbak Asri..

ongol2-2

Ingredients:
– 1 bungkus tepung hun kwe ( 120 gr)
– 125 gr gula merah
– 110 gr gula pasir (kira2 setengah cup)
– 1/2 sdt garam
– 800 ml air

Bahan taburan : kelapa parut dan garam dikukus

Directions:
1. Rebus gula merah, gula pasir, garam dan air hingga mendidih, saring, dinginkan
2. Tuangkan ke dalam tepung hun kwe, aduk rata.Masak lagi hingga mendidih dan mengental
3. Tuang ke loyang yg sudah dibasahi air, dinginkan
4. Setelah dingin, potong2 sesuai selera, sajikan bersama kelapa parut kukus

ongol2-1

Leave a Reply

