Soto Ayam Modal Nekat

Hehehe…ini yg namanya masak nekat😀.Gara2 ngobrol sama temen, trus dia bilang mo bikin soto, eehh, jadi latah juga pengen bikin.Apalagi salju yg terus turun dan hawa dingin mendukung rencana untuk masak yang anget2.Liat2 kulkas dan lemari, yah, kentang cuma ada tiga…tapi dasarnya udah nekat, ya tetep aja jadi tuh perkedel hehehe…Setelah nanya sana sini (terutama ke mbak Lina, sang Suhu cemplang cemplung:D) plus berbekal ingatan masa lalu saat nyokap rajin banget bikin soto tiap ada acara, akhirnya, jadi juga soto ayam ala gw :D…Ga pake toge dan kol, cukup wortel.Ga ada sohun..yaa…bihun sama aja laahh :)).Eh, seperti biasa, banyaknya bumbu pake jurus kira mengira sesuai lidah hehehehe.Tenaannngg….rasanya enak koookk *muka bangga*:))

Bahan-bahan :
– Daun bawang prei
– Daun salam
– Daun jeruk purut
– Serai, keprak

Bumbu Halus :
– Bawang merah
– Bawang putih
– Kemiri
– Kunyit
– Jahe 1 cm
– Merica
– Garam
– Ketumbar
– Lengkuas

Pelengkap :
– Bihun
– Perkedel kentang
– ayam suwir
– seledri
– bawang goreng
– telur rebus
– sambal
– jeruk nipis
– kecap manis or asin (sesuai selera)

Cara memasak :
1. Rebus ayam hingga matang.Setelah matang, tiriskan ayam, biarkan air kaldu di panci
2. Tumis bumbu halus, masukkan ke dalam kaldu
3. Tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, dan daun bawang prei
4. Masak hingga mendidih

soto-ayam

Penyajian :
– Tata di mangkuk : bihun, wortel, ayam suwir, seledri, perkedel dan telur rebus.Tuangi dengan kuah soto, tambahkan seledri dan bawang goreng, serta jeruk nipis dan sambal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: