Pepes Ikan

Hiawataaaa…..akhirnya jadi juga…obsesi yg jadi kutil menahun…hihihihi….Gw doyannnn banget sama pepes ikan…tapi bikinnya ogyaaahhh…:))…Lha, di Amrik mau ga mau musti bikin ndiri kalo mau makan…ga ada warteg yg jualan pepes hihihihi….Akhirnya, berbekal semangat perjuangan yang membara, dan suami yg “dengan sedikit ancaman” mendukung dengan menjaga Fadil (kesannya kok kayak mo perang ya, bukan mo masak??:)) ), jadi juga kemaren bikin pepes.
Yang paling seru sih pas bagian mo ngebungkusnya.Secara yg tukang masak ga pernah belajar origami, jadi urusan bungkus membungkus pun jadi kacau balau.Sayang pepes ga bisa dibungkus pake ziplock, kalo ga kan beresnya cepet muahahahahaha….Meski bungkusan pepes akhirnya lebih mirip gelondongan pohon pisang ketimbang ikan dibungkus daun pisang, toh, yg penting rasanya (membela diri hihihihi).Resep ini gw dapet dari http://www.keseharian.com, cuma gw ga pake dikukus, tapi langsung dioven.

minggu-ceria-006

Bahan2 :
– Ikan, terserah mo apa aja
– 2 btg daun bawang, iris
– Daun kemangi, makin banyak makin bagus
– 1 btg serai, memarkan
– 2 lbr daun salam
– 4 lbr daun jeruk
– 1 bh jeruk nipis, ambil airnya
– 1 bh tomat, potong2

Bumbu halus :
– 4 siung bawang putih
– 4 siung bawang merah
– 1 cm kunyit / kunyit bubuk
– 4 butir kemiri
– 1 cm lengkuas / lengkuas bubuk
– 1 sdm gula pasir
– garam secukupnya

Cara memasak :
1. Cuci ikan, kerat2 permukaannya, lumuri dengan air jeruk, diamkan selama 15 menit, cuci bersih, lalu tiriskan
2. Aduk rata bumbu halus dengan bumbu pelengkap lainnya
3. Balurkan bumbu merata pada ikan, isi perut dan kepala ikan dengan bumbu
4. Siapkan daun pisang, letakkan ikan pada salah satu ujung daun, siram jeruk sambal.
5. Bungkus dengan cara menggulung sampai daun habis, semat 2 ujungnya dengan lidi
6. Bakar di oven 350 derajat F, selama kurleb 3 jam.Kalau mau sampai bumbu kering banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: