Rendang Padang

Sebelum kenal dan akhirnya menikah dengan suami yg orang Bukittinggi asli, gw udah doyan banget sama masakan padang, apalagi yg namanya Rendang! Eh, ternyata dapet suami urang awak, trus mertua yg cowok ternyata sangat piawai dalam hal masak memasak (duh, Pak, kena kutuk ya dapet mantu kayak Lisa hahahaha), dan kalo beliau udah masak rendang, boro2 mau make kompor!Beliau bakal nyusun sendiri batu bata, trus nyari kayu2 buat kayu bakar, trus ngeluarin kualinya yang segede gaban, lengkap dengan sutilnya yang ga cocok pake nama sutil, cocoknya dibilang dayung hahahahaha….Pas gw iseng2 nanya, bumbunya kalo mo bikin rendang apaan sih???Dengan gayanya yang kalem bin cuek seperti biasa, mertua gw ngejawab gini : masukin aja semua bumbu yang ada! Langsung deh mati gaya gw hehehehe……Tapi setelah ikut2an suami ke dapur buat bikin rendang, ternyata bener lhhoooo…semua bumbu dicemplungin, minus kunyit tapinya hehehehe…..So, rendang yg kami bikin bersama ini (dalam hal Reva yang nyampur bumbu, gw yang ngaduk selama 3 jam lebih!!!), rasanya lumayan sama kok sama yang dibikin mertua dan yang suka di pajang di rumah makan Minang Asli di Balikpapan muahahahahaha….Semua bumbu ga pake ukuran, pake feeling aja hahahaha…..

Bahan :

- Daging satu kg
– Santan dari satu kelapa atau satu kaleng besar
– Bawang merah
– Bawang putih
– Jahe
– Ketumbar
– Lengkuas
– Serai
– Merica
– Garam
– Daun kunyit (ga punya, jadi ga pake :( )
– Daun salam
– Cabe giling (terserah mo pedes banget atau ga)

Cara membuat :

1. Giling jadi satu semua bahan kecuali daun kunyit dan daun salam
2. Panaskan minyak, tumis bumbu yg dihaluskan
3. Masukkan daging dan santan
4. Ikat daun kunyit, masukan ke masakan.Juga daun salam
5. Tunggu sampe santan mendidih, aduk2 terus sampe kering (ngaduknya ini yg butuh kesabaran tingkat tinggi hehehehe)
6. Setelah kering, angkat, siapkan nasi panas, selamat menikmati :D

10 Responses to “Rendang Padang”

  1. hahaha…lucunyaa..
    sama Lis, sbnrnya aku jg kalo masak ga pake takeran..
    pas mau nulisin resep, jadinya aku kira2 deh…hihih…
    kl masak sendiri plang-plung aja…

  2. Mak nyooosss…. diem2 udah go public nih… Ak gag sanggup Lis…masakanku gag enak…. Mendingan suruh bikin blog ttg tas deh.. hehe. Resep kepala kambing masukkin yaaaaahhhh

  3. cha_na_yogo Says:

    heheh bru mo bljr msk nie umur q 18 thn

    blajar msak cz dsruh co quw bwat ltihan kta na heheh

  4. smartfia Says:

    thanks benget! ku suka bgt sama rendang n pengen coba bikin, so aku nyari di internet. Eh, ketemu resepnya. mudah-muahan z bener!!!

  5. mba mau tanya dung kok aku buat rendangnya ga bisa jadi item yah
    cuma coklat doang apa ada yg salah??

    • maaf baru dibales nih….lupa passwordnya jadi ga liat2 lagi ke mari deh heheheh…
      Waduuuhh…temen aku juga ada yg nanya kasus gitu tuh..ga tau juga yah kok bisa ga item gitu.Temenku malah nanya kok dia punya udah ga item, ga bisa berminyak2 lagi hehehehe….Padahal semua bumbunya sama kok…apa mungkin lama memasaknya kali ya dan mengaduknya?Kalo aku dimasaknya hampir 2 jam lebih (dgn kompor listrik dan api kecil), trus pas satu jam terakhirnya itu yg bolak2 ngaduk…

  6. iya ni baru belajar masak jg soalnya kan mauj keluar dari rmh mertua n tinggal ber2 ma suami jd masak sendiri deh,suami ku doyan bgt ma rendang padahal dia orang cina

  7. baru kali ini saya liat resep rendang pake merica

  8. Rendang Padang yang asli itu resepnya:
    Bahan:
    Daging 1kg
    Santan dari 4 kelapa (memerasnya jangan banyak air)
    Cabe 10ns
    Bawang merah 5 buah (sebesar jempol)
    Bawang putih 6 siung besar (Tergantung selera)
    Jahe, lengkuas, kunyit masing2 1 jari jempol
    Daun kunyit 1 lmbar, salam 4 lembar, serei 1 batang, daun jeruk purut 5 lembar.
    Garam secukupnya.
    Caranya:
    1. Daging potong2 sesuai ukuran ( kiera2 30-35 ptg) cuci dengan
    meniriskannya.
    2. Giling halus (blender semua bumbu termasuk cabai dan segala
    macam daun2) biar rendangnya bersih gak ada sampah2 daun
    dan bahan bumbu irit
    3 Masukkan semuanya kedalam santan dan masak sampai mulai
    agak kental dan di kacau2 terus (supaya gak pecah santan).
    4 Masukkan daging, kacau terus sekali2, apinya yang sedang.
    5. Kalau masaknya yang banyak (diatas 4kg daging, maka
    dagingnya dimasukkan setelah berminyak agar daging tidak
    hancur.
    6 Kalau mau sampai hitam, apinya dikecilkan, dan terus dimasak
    sambil sekali2 dikacau sampai dasarnya supaya tidak hangus
    maka rendangnya pasti akan hitam kalau cukup santan dan
    cabenya. (kuncinya di santan dan cabe untuk hitam)
    7. Kalau mau dicampur dengan nangka, jadi rendang nangka
    namanya, cari nangkanya yang bijinya masih kecil (berair), dan
    ukuran santan untuk nangka sama dgn untuk daging karena
    nangka menghisap santan .
    Nangkanya lebih enak dari dagingnya, karena air daging sudah
    diserap ama nangka. (Ini kesukaan anak2 saya, kalau dah
    terakhir, yang tinggal cuma dagingnya, nangkanya dah habis
    duluan hee..heee, apalagi untuk harga daging sekarang yang
    sangat mencekik rakyat biasa and banyak anak)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: